1/01/2018

DAMN!! I LOVE INDONESIA

December 31th, 2017 / 02.00 PM

Aku adalah pencinta seni, sangat menyukai seni, sedari kecil. Aku sudah mulai menari ketika usiaku baru menyentuh angka 5 tahun, kala itu Mama memasukkanku ke satu sekolah balet, standar emak emak yang mempunyai seorang gadis kecil tentu. Beranjak besar sedikit, Mama memasukkanku ke sebuah sanggar Tari Bali di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta. Seingatku dulu sewaktu TK aku juga ikut paduan suara dan seni tari sekolah, untuk pementasan pada saat perpisahan sekolah.

Kepindahanku ke beberapa kota tidak menyurutkan minatku terhadap seni, terutama seni tari dan seni suara. Aku tetap setia bergoyang gemulai menekuni tari tradisional; Bali, Lombok, Jawa Timuran, dan Jawa Tengahan, selain tari modern. Di sisi lain, aku pun ikut aktif di vokal grup, paduan suara, dan band sekolah. 



Ketika pindah dan menetap di Jogjakarta, hasrat seniku tetap tidak terbendung, aku ikut band kampus dan kelompok tari profesional, Bala Mahardhika, sejak di bangku SMU tahun kedua. Ketika bergabung di kelompok tari inilah aku mulai merasakan bagaimana rasanya punya uang saku sendiri karena aku bisa menari dimana mana bahkan sampai keluar kota. Jaman itu ketika rata rata anak anak seusiaku sibuk menghabiskan waktunya untuk main atau hang out bersama teman temannya dan masih tergantung pada orang tua, aku sudah asik menenggelamkan diri di dunia seni. Orang tuaku sendiri pun sama sekali gak tau segala aktivitas itu. Yang pasti, pendidikan akademis berjalan mulus sesuai dengan harapan orang tua, dan ketertarikanku pada dunia seni juga tersalurkan. What a great life!!

Pada kenyataannya, Aku belajar banyak hal ketika bergabung di Bala Mahardhika. Belajar seni budaya Indonesia, belajar bagaimana mencinta dan menghargai seni budaya bangsa dan nilai nilai luhurnya, belajar disiplin, belajar bersosialisasi, belajar berorganisasi, belajar tentang menghargai perbedaan dan kesetiakawanan, serta masih banyak lagi lainnya.

I grew up with them. I was a shiny girl before, they changed me. They made me became a charming and humble girl. They made me became a girl who could express myself. I love dancing much, I really like to dance. In the past, I routinely had dancing performance's schedules, off air and on air, for almost 5-7 years (since I was in the second year in senior high school). Every week, every month.



Jika ada orang bertanya kepadaku, "Apa yang sudah kamu lakukan untuk bangsa ini?" Maka aku akan menyahut, aku tidak melakukan apapun untuk bangsa ini kecuali mencintai seni budaya dan nilai nilai luhur bangsa ini. Itu sudah cukup. Aku ingin Ibu Pertiwi tersenyum bangga dengan caraku sendiri. Menggiring alam sadarku untuk selalu menendang nuraniku berkenalan, bersahabat, dan menampakkan pada dunia betapa cantiknya seni budaya dan nilai nilai luhur bangsa ini. Dan akan terus begitu, sampai nanti.


Mencinta negeri ini dengan sederhana. Maka lestarilah bangsa ku, lestarilah seni budaya dan nilai nilai luhurnya yang mengakar kuat pada rahim Ibu Pertiwi.


My WorLD, ...My HeARt, ...My SouL © 2008 | Coded by Randomness | Illustration by Wai | Design by betterinpink!