1/01/2018

SALAM BUDAYA!!

Minggu, 19 November 2017 / 15.00 WIB

Hari masih sangat pagi ketika sayup terdengar kumandang kicau burung. Kubuka mata, teringat harus mengantarkan dan menemani Mbak Riri mengikuti acara Pagelaran Drama Tari 'Cindelaras' di Teater Kecil - Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, kupaksa raga ini untuk tegak berdiri. Yup, Mbak Riri memang mewarisi hasratku dalam bidang seni, ia juga menyukai tari dan musik. Hari ini, pagi pagi ia sudah harus stand by di TIM, 07.30 WiB, karena harus blocking tempat dan GR. Sedari pagi ketika tiba di tempat ini, aku sudah tersenyum senang melihat banyaknya anak anak bangsa yang berseliweran, beragam dari usia TK sampai SMU. Mereka memakai identitas komunitas seni mereka masing masing dan datang dari berbagai latar seni; lukis, tari, musik, drama.

Festival Budaya Anak Bangsa IX, dipusatkan di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Berlangsung pada 19-20 November 2017, dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia 2017. Anak anak bangsa yang tampil di panggung teater ini (auditorium) adalah berasal dari komunitas seni terkemuka, yang sudah terlatih dan terpilih, tidak hanya dari Indonesia, tetapi ada utusan dari beberapa negara tetangga; ada penampil dari Malaysia, Singapura, serta murid-murid dari sejumlah sekolah asing di Jakarta. Festival ini lebih ke arah kolaborasi antar budaya / diplomasi budaya, agar terjadi dialog budaya dan pemahaman budaya dalam diri anak-anak.

                                          

Senang sekali rasanya bisa menapakkan kaki di sini, di Festival Budaya dimana anak anak bangsa diajarkan dan ditanamkan untuk cinta tanah air, budaya, dan nilai nilai luhur bangsa ini. Mereka semua berbeda, suku - agama - ras - budaya, tetapi tetap satu hati dan satu rasa.

Beranjak siang, anak anak bangsa tadi sudah berganti kostum sesuai dengan latar seni yang akan ditampilkan, terlihat di sana sini warna warni kostum dan keceriaan mengekspresikan jiwa seni mereka. Beginilah seharusnya yang terjadi, anak anak bangsa diajarkan untuk cinta tanah air melalui cinta seni budaya, menghargai dan mencintai keragaman melalui cinta seni budaya.

                      

Salam Budaya!!

** Repost from Facebook; November 20, 2017


My WorLD, ...My HeARt, ...My SouL © 2008 | Coded by Randomness | Illustration by Wai | Design by betterinpink!