7/31/2019

CULTURAL NIGHT


July 27, 2019

Hari ini 2 kali aku menelfon mbak Riri, tak terangkat. Tak berapa lama ia menelfon ku balik, tak terangkat juga oleh ku. Lalu ia mengirim pesan di WA: “Bunda, aku nanti malam perform.” Singkat, padat, dan mengambang tak jelas. “Perform apa, Nduk?”, balasku. Tak direspon hingga hari berganti pagi, ia mengirimiku beberapa video penampilannya semalam.


Ia menari di acara Cultural Night di sekolahnya ternyata. Seingatku ada 2 event di sekolahnya setiap tahun dimana anak anak dari tiap bangsa diwajibkan menampilkan kebudayaannya. Selain dari Indonesia, beberapa temannya juga menampilkan seni budaya negara mereka masing masing, seperti Korea, China, Jepang, Iran, Pakistan, India, dan lainya.

Dulu sebelum kepergiannya, sebelum aku memasukkannya ke sekolah berasrama di negeri seberang, aku sempat sengaja menyeburkan Mbak Riri di salah satu sanggar Tari Bali di Jakarta, sedikit memaksanya untuk mempelajari tari Bali. Aku ingin ia bisa membawakan dan memperkenalkan seni budaya bangsanya kepada dunia ketika ada kesempatan, dimanapun ia berada. Actually, Aku sering sekali memintanya untuk membawa beberapa potong kebaya dan kain songket atau kain tenun untuk dipakainya di acara acara sekolah yang sesuai, ketika ia mengikuti “Student Exchange” atau kemanapun ia pergi, keluar Indonesia. Yup, kebaya dan kain tradisional adalah identitas bangsanya, seni budaya juga adalah identitas bangsanya, aku ingin ia bangga memakainya dan mengenalkannya pada dunia di luar sana. Ia harus menjadi generasi muda yang bangga akan bangsanya dan melestarikan seni budaya bangsanya.


Semalam ia memakai kebaya dan kain Prada Bali, menarikan tarian kreasi modern yang diciptakannya sendiri, tari Bali yang dipadukan dengan gerakan tari modern bersama beberapa teman Indonesianya. Terbersit rasa bangga dan haru melihat video video kirimannya. Aku seperti melihat Dewi kecil yang dulu tiada hari tanpa menari, sepertinya kecintaannya menari menurun dariku. Dan aku berharap di akhir tahun ajaran aku bisa melihatnya secara langsung, menarikan tari Bali, di Graduation Night nanti. Hopefully..

So proud of you, Nduk. Allah bless you, always..
My WorLD, ...My HeARt, ...My SouL © 2008 | Coded by Randomness | Illustration by Wai | Design by betterinpink!