1/12/2016

_ HIDUP SEHAT, SIAPA TAKUUTT!!! _


Sunday, January 10, 2016
Zat cair yang kita minum setiap hari, baik itu yang berasal dari minuman atau dari berbagai jenis makanan, mempunyai banyak manfaat. Diantaranya adalah membantu proses metabolisme tubuh, membantu proses pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini, melembabkan kulit, mengeluarkan racun, mempertajam ingatan pada otak, dan masih banyak lagi yang lain.

Setiap sistem anggota tubuh kita (organ vital tubuh) membutuhkan air yang cukup setiap harinya agar dapat berfungsi dengan baik, dan racun yang ada di dalam tubuh tidak mengendap dan segera dikeluarkan dalam bentuk keringat, urine dan kotoran lainnya.

Selain dengan minum air putih, kebutuhan asupan air pada tubuh dapat dipenuhi dengan makan buah-buahan yang mengandung air. Selain mengandung banyak air, buah-buahan juga banyak mengandung vitamin dan nutrisi bagi tubuh, sehingga dapat membantu kebutuhan tubuh terhadap perbaikan sel.


Tubuh yang sehat tidak hanya membutuhkan air yang cukup serta asupan vitamin dan nutrisi lainnya (berasal dari buah dan sayuran yang dikonsumsi langsung), namun pola hidup, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Kita harus menyeimbangkan semuanya agar berjalan dan berfungsi dengan baik.

Bagaimana cara minum air putih setiap hari agar sehat dan aman? Yaitu sebagai berikut:
Minum air putih setiap hari minimal 2 liter atau 8 gelas air.
Minum air putih dengan mengatur jarak minumnya dan tidak langsung banyak dalam sekali minum (sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan), tidak menunggu merasa haus terlebih dulu; Seperti setelah makan, sebelum makan, sebelum tidur malam, pada pagi hari.

Pada kenyataannya saat ini sedang happening satu jenis minuman yang bernama 'Fruit Infused Water'; Merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan sebagai minuman untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan air, selain tidak berkalori juga mengandung vitamin dan mineral yang terlarut dari buah segar yang digunakan. Minuman ini sedang menjadi trend di kalangan yang peduli dengan kesehatan.

Bagaimana dengan diriku sendiri, apakah termasuk ‘mineral water lover’ atau ‘soft drink lover’? Aku pribadi bukan termasuk pecinta ‘soft drink’, namun di sisi lain aku pun harus memaksa diri untuk meminum air putih sesuai kebutuhan perharinya. Bingung kan? (Hehee..) Fruit Infused Water ternyata bisa menjadi penengah masalahku itu. Awalnya terasa berat melakukannya, tapi karena ada dorongan hebat untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, egoku pada akhirnya mengalah.


Didahului dengan membuat perpaduan antara air putih, timun, dan daun mint setiap malam, untuk diminum setiap pagi sehabis sarapan oleh mas Ian, suamiku. Kemudian karena tertarik melihat kesegarannya, aku pun ikut mencoba membuat kolaborasi yang memungkinkan akan membuatku bersemangat untuk membuat dan meminumnya setiap hari. Yup, untuk alasan detoks dan mengurangi lemak di dalam tubuh rasanya lebih ampuh untuk memacuku. (Hehee..)

Pada kenyataannya setiap pagi aku membiasakan diri untuk selalu membuat jus campuran antara tomat, wortel, apel hijau, dan nanas (bila ada), tapi pada akhirnya selalu merasa ‘wasting fruits’, ketika aku melihat banyaknya ampas yang dibuang, selain karena ‘ribet’ ketika mencuci 'juicer'. (Hehee..) Sekarang segelas jus setiap pagi yang kuminum telah tergantikan posisinya dengan segelas fruits infused water yang merupakan perpaduan antara air putih, nanas, strawberry, timun, dan daun mint. Awalnya aku merasa segelas fruit infused water sehari sih cukuplah, tapi lama kelamaan sadar sendiri kalo itu pasti gak cukup untuk kebutuhan vitamin mineral dan serat perharinya (sok tau banget ya), alhasil menu setelah sarapan aku tambahkan dengan segelas jus campur favoritku dan makan sayuran buah di malam hari.

Minum Fruit Infused Water setiap hari memang sangat bermanfaat, selain karena wujudnya masih berupa air putih yang memang sangat bagus untuk kesehatan, rasanya yang ringan, segar, terdiri dari bermacam  rasa buah-sayuran dan herbal / rempah rempah, tanpa harus merasa takut kelebihan kalori, gula, dan perasa buatan. Dan dari segi penampilan juga sangat cantik berwarna warni dan menyegarkan mata, yang kemudian berdampak aku menjadi lebih bergairah untuk meminumnya.

Untuk lebih memudahkan membuat Fruit Infused Water (praktis dan murah), belilah kemasan buah-sayuran potong di minimarket atau supermarket yang kemudian dipadukan dengan air putih dan herbal / rempah rempah (daun kemangi, kayu manis, cengkeh, jahe, lavender, serai, daun mint, rosemary, thyme, peterseli, dan lain lain). Cara membuat ‘Fruit Infused Water’ sangat mudah yaitu:

  • Buah-sayuran potong dan herbal dicuci bersih, dimasukkan ke dalam wadah tertutup berisi air putih, dan dimasukkan ke dalam kulkas.
  • Setelah lebih dari 2 jam (biasanya 6 – 12 jam agar sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya), Fruit Infused Water siap untuk dikonsumsi. Disarankan mengkonsumsi fruit infused water sebelum makan agar gizinya bisa langsung dapat diserap tubuh.

Buah-buahan yang telah dipakai untuk infused water dapat digunakan sekali lagi, jadi untuk dua kali pemakaian. Namun lebih baik bila diganti dengan buah dan sayuran yang baru, untuk menghindari pembusukan dan teroksidasinya bahan – bahan tersebut yang dapat mengubah warna dan baunya.

So, Let’s start to live healthier!!!



Referensi:
http://health-widiynews.blogspot.co.id/2015/05/berapa-jumlah-liter-air-yang-dibutuhkan.html?m=1
http://www.infusedwaters.com/5-benefits-infused-water-versus-juice
http://dish.allrecipes.com/fresh-ideas-for-making-infused-water/
http://pusakapusaka.com/mengenal-air-infus-atau-infused-water-an-manfaatnya-bagi-kesehatan.html
https://infusewatercitarasaindonesia.wordpress.com/page/2/
http://majalahkesehatan.com/kenali-manfaat-bahan-bahan-cantik-dalam-fruit-infused-water/
http://sauus.com/b/6-Resep-Praktis-Infused-Water-Buat-Kamu-yang-Ingin-Hidup-Sehat
My WorLD, ...My HeARt, ...My SouL © 2008 | Coded by Randomness | Illustration by Wai | Design by betterinpink!