5/10/2019

KEBAIKAN TIADA TARA


May 09th, 2019
11.55 WS

Malam ini, selarut ini, aku terdampar di Changi International Airport - Singapore, transit, berdua dengannya. Turun di Terminal 2, langsung menuju ke entah gate berapa, untuk transfer ke pesawat selanjutnya. Waktu ke penerbangan berikutnya adalah 2 jam. Tiket yang tertera di tangan tak tertulis gate berapa. Aku terpisah dengannya, sama sama berusaha mencari informasi gate berapa untuk nomor penerbangan kami berikutnya.

“Mbak, mau kemana?,” seorang ibu setengah baya menyapaku, ketika aku sedang membaca tiketku sambil merenung. “Tiket saya tidak ada nomor gatenya, saya harus bertanya kemana ya?”, tanyanya lagi. “Ah ibu, masalah kita sama ternyata,” batinku dalam hati sambil menyimpulkan senyum di bibir dan melihat tiket si ibu. Penerbangan kita berbeda, ibu ini menuju ke bumi belahan utara, aku menuju ke bumi belahan selatan. “Saya juga tidak ada nomor gatenya, ikut saya yuk, Bu,” ajakku padanya. Sang ibu mengikutiku berjalan menuju ke information center. Dari sisi depan sebelah kananku terlihat Mas Ian berjalan menuju ke arahku. Ia sudah mendapatkan informasi gate kami sepertinya, ia melambaikan tangannya padaku. Kubalas lambaian tangannya, memintanya datang. “Mas, tolongin dong. Ibu ini belum ada nomor gate untuk penerbangannya,” pintaku padanya. Selanjutnya aku mengajak sang ibu mengikuti Mas Ian (setelah membaca nomor penerbangannya), melangkah menuju ke papan informasi penerbangan yang ternyata ada di depan kami sisi sebelah kanan. Sang ibu mengucapkan terima kasih, menyalami kami berdua. “Sama sama, Ibu hati hati ya,” ucapku padanya. Dan kami pun berpisah, aku tersenyum, terlintas bahagia bisa membantu memecahkan masalahnya. Tetiba aja aku teringat Mama.

Mama dulu selalu berkata (mengingat sambil menahan haru): “Tidak ada salahnya kita selalu berusaha berbuat kebaikan untuk orang lain, sekecil apapun, tanpa pamrih, apalagi bila dilakukan di bulan suci Ramadhan. Kebaikan itu bisa dilakukan kapan pun, dimana pun, kepada siapa pun.” Mari berlomba berbuat kebaikan!!

Allah bless you, always…
My WorLD, ...My HeARt, ...My SouL © 2008 | Coded by Randomness | Illustration by Wai | Design by betterinpink!